Jumat, 03 Juni 2011

H.O.S COKROAMINOTO

PEMBAHASAN

A. Biografi

H.O.S Cokroaminoto adalah anak kedua dari 12 bersaudara. Ayahnya bernama R.M. Tjokroamiseno, salah seorang pejabat pemerintahan pada saat itu. Kakeknya, R.M. Adipati Tjokronegoro, pernah juga menjabat sebagai bupati Ponorogo.

.
H.O.S Cokroaminoto, dilahirkan didesa Bakur, daerah Madiun pada tanggal, 20 Mei 1883. Tepat pada waktu Gunung Krakatau meletus. Tamat sekolah rendah ia meneruskan pelajarannya ke OSVIA Magelang, tamat pada tahun 1902 dan menjadi juru tulis sampai 1095. Antara tahun 1907 – 1910 bekerja pada Firma Coy & CO di Surabaya, disamping meneruskan pada Burgelijek Avondschool bagian mesin. Bekerja sebagai masinis pembantu, kemudian ditempatkan dibagian kimia pada pabrik gula di kota tersebut ( 1911 – 1912 ).

H.O.S Cokroaminoto buyutnya adalah seorang ulama’ terkenal di Ponorogo dan memiliki pesantren di daerah tegalsari, Beliau terlahir di keluarga priyayi yang religius, beliau sejak kecil diasuh dalam keluarga yang mendapatkan pendidikan Islam, dan menempuh pendidikan dasarnya di belanda. Setelah 5 tahun menempuh pendidikan kepegawaian, beliau menjadi juru tulis di kepatihan ngawi, dan iini hanya bertahan 3 tahun (1902-1905) karna dia merasa tidak cocokdengan pekerjaan pegawai negeri yang terus menerus harus merendah dihadapan orang belanda. Kemudian pergi ke Surabaya dan bekerja di salah satu perusahaan swasta yang bernama firma COY dan CO.selain bekerja beliau juga ikut kursus permesinan di malam hari dan setelah tamat dari kursus ini beliau pindah kerja jadi juru mesin dan kemudian tahun 1907-1912 menjadi ahli kimia di pabrik gula Rogojambi surabaya.

Sebagai seorang anak priyai, beliau di jodohkan oleh orang tuanya dengan soeharsiken, putrib seorang patih wakil bupati Ponorogo yang bernama mangoensoemo. Dirumahnya bersama istrinya beliau menerima kos kosan yang di kelola oleh istrinya dan salah satu anak kosnya adalah soekarno.

B. Perjuangan

Tepat hari ini lebih dari dua abad yang lalu, tepatnya pada tahun 1882, Haji Oemar Said Cokroaminoto lahir sebagai bakal tokoh pergerakan yang pada akhirnya dikenal sebagai pendiri Sarikat Islam, sebuah organisasi pergerakan yang berteguh prinsip pada kebangsaan dan agama. HOS Cokroaminoto sohor dengan kata mutiaranya yang sangat menginspirasi, “Setinggi-tinggi ilmu, semurni-murni tauhid, sepintar-pintar siasat.”

Kalimat mutiara singkat itu pulalah yang berubah menjadi obat jiwa pergerakan pemuda saat itu, tidak terkecuali tiga murid beliau yang saling berbeda aliran dan akhirnya menjadi legenda pergerakan nasional: Soekarno yang nasionalis, Semaun yang Sosialis/komunis, dan Kartosoewirjo yang agamis.

Kata mutiara itu menggambarkan suasana perjuangan Indonesia yang saat itu membutuhkan tiga jiwa dan kemampuan pada diri seseorang untuk mempertahankan dan membangun negaranya Indonesia.

HOS Cokroaminoto tergabung pada SI pada bulan mei 1912 atas ajakan dari H. Samanhudi untuk memperkuat organisasi tersebut nama HOS Cokroaminoto terkenal setelah dia sukses menyelenggarakan kongres SI pertama di surabaya pada tgl 26 januari 1913. Dalam sebuah pertemuan di Yogyakarta pada tgl 18 Februari 1914, SI membentuk suatu pengurus pusat di mana HOS Cokroaminoto duduk sebagai ketua dan H. Samanhudi sebagai ketua kehormatan. Mulai tahhun 1916, partai ini sudah menggunakan istilah nasional dalam kongres-kongresyang diadakannya. Beliau segeera mengembangkan SI sebagai sebuah gerakan politik terbesar di Indonesia dengan menegakkan cita-cita nasionalisme dan Islam sebagai sebuah ajaran dasar pemikiran.

Pada kongres nasional pertama tahun 1916 di bandung, SI telah berani mengajukan tuntutan Indoneia merdeka yang merupakan inti aspirasi masyarakat Indonesia. Dalam kongras tersebut beliau berkata bahwa bangsa Indonesia mempunyai hak untuk berpastisipasi dalam hal politik. Beliau juga menuntut agar bangsa Indonesia juga ikut andil dalam memutuskan berbagai undang-undang dan peraturan yang dibuat oleh pemerintah. Selanjutnya pada kongres kedua tahun 1917 SI menyampaikan tuntutan untuk peningkatan pertanian, peningkatan subsisidi, dan perluasan hak pilih warga Indonesia. Kongres tersebut juga memutuskan bahwa SI akan duduk dalam Volkstraad (dewan rakyat)dengan tujuan akan terus berusaha untuk memperjuangkan mengubah Volkstraad menjadi parlemen sejati.

Pada tanggal 18 mei 1918 cokroaminoto dan Moeis duduk sebagaio dewan mewakili SI. Mereka menempatkan dirinya oposisi. Sempak terjang Cokroaminoto dan Moeis menyebabkan pemerintahan belanda menjadi gerah. Ketika terjadi beerbagai pemberontakan di tanah air kedua tokoh tersebut kemudian oleh pemerintah dianggap terlibat. Pada tahun 1920, Cokroaminoto dipenjarakan selama 8 bulan dan saat itu pula SI sebagai gerakan nasional mulai melemah.

C. Pemikiran

a. Pemikiran keagamaan

seperti halnya ahmad hasan dann para pembaharu lainya, cokroaminoto sangat menekan pentingya pemahaman tauhid secara benar. Keperibadian yangb tanguh, bebas dan dari rasa takut dan sedih akan di peroleh umat islam jika berpegang pada tauhid yang benar.selain itu, beliau juga menganjurkan agar umat islam tidak hanya berdebat dalam permasalahan furuq (cabag) saja, tetapi harus berkiprah dalam persoalan yanng lebih besar yang sedang di hadappi umat islam.

Menurutnya, sebegai agama yang rasional, moderndan memiliki landasan tauhid yang benar, maka penguasaan atas ilmu pengetahuan harus di gakakan, disamping menanamkan rasa ke islaman yang mendalam dan memberikan penghargaan terhadap tanda-tanda kebesaran tradisi islam.

b. Pemikiran politik

dalam bidang politik, cokroaminoto mempunyai pemikiran tentang negara demokrasi melalui perwakilan deparlement untuk memilih orang-orang yang memegang kekuasaan yang bebas dari penjajahan.

Agama islam merupakan alat yang tepat untuk membangun persatuan dan rasa nasionalisme di indonesia. Adapun fisi politik cokro aminoto adalah membentuk sosalialisme islam di mana bangunan ekonomi, sosialistik menjadi dasar kebijakannya tanpa ada monopoli, ribah, dan eksploitasi. Beliau mencita-citakan bangunana masyarakat yang berdasarkan persaudaraan, kemerdekaan dan persamaan namun tetap relijius dan cinta tanah air.

Pemikiran cokrominoto bisa kita temukan yaitu;

a. Islam dan sosialisme

b. Tarih agama Islam riwayat dan pemandangan atas kehidupan dan perjalana Muhammad SAW

c. Program asas dan progran tandimpartai serikat islam indponesia

d. Reglement umum bagi umat Islam Indonesia
»»  Baca Lengkap...