Sabtu, 20 Oktober 2012

sedikit ringkasan buku Bambang Pranowo BAB 2

 Dilihat dari sekilas kali ini bambang pranowo ingin menggambarkan tentang gimana keadaan desa di Jawa pada Umumnya. Gambaran yang sering ditemui dalam desa adalah tentang keadaan ekonomi mereka sebagian besar mengandalkan sawah. Hal itu sama juga dengan apa yang dikemukakan oleh Geertz. Ekonomi di sawah Cuma ada di Indonesia bagian dalam (jawa). Hal itu tentu sangat berbeda dengan Indonesia bagian luar seperti sumatra, kalimatan, nusa tenggara, selawesi dll.  Fokus di bab ini tentunya akan menguraikan bagaimana dengan keadaan desa dengan mata pencaharian di sawah dan tentunya berada de desa Tegalreso pulau Jawa.
            Tegalroso adalah nama dari sebuah desa yang ada di kecamatan Tegalrejo. Desa ini terdapat di magelang Jawa Tengah. Desa ini terdapat di kawasan dataran tinggi di pusat jawa tengah. Letak magelang sendiri sangat strategis, hal ini dikarenakan magelang dikelilingi oleh gunung jadi wilayahnya sangatlah subur.
            Menurut penduduk di Desa Tegalroso, tegalroso memiliki arti Tegal berarti lahan kering dan roso adalah tanah milik KI Roso (cikal bakal atau pendiri desa Tegalroso). Menurut penduduk sebulum kedatangan Ki suroso desa ini adalah hutan. Menurut data lesan seluruh Perempuan di desa Tegalroso berwajah cantik hal itu di karenakan karena pengaruh kekuatan gaib nyi suroso dan nyi Suroso sendiri adalah seorang wanita yang cantik rupawan. Dan makam mereka hingga saat ini masih terawat dengan baik lewat upacara nyadran di bulan Romadhon.
            Ternyata sejarah di Dasa ini tidak terlacak dengan baik. Tapi meskipun demikian ada data bahwa pada waktu pangeran Diponegoro melawan belanda 1826-1830 desa ini sudah terbentuk dan menjadi pemukiman. Dan yang menjadi lurah sekarang adalah lurah dari generasi ke-4 dari keturunan Ki Suroso. Dan desa ini sangat terkenal, hal itu dikarenakan di dalamnnya terdapat seorang guru ilmu kebatinan ki Rekso Joyo.
            Dalam pendapat hidren greet bahwah masyarakat batin di desa adalah sesosok orang yang lebih dihargai daripada lainnya. Dan itu menjadi sesuatu yang terpenting dan dominan, karena akan membuat keluarga yang damai. Hal itu akan membuat mereka saling mengisi satu sama lain. Sedangkan deskripsi keluarga batin adalah keluarga yg hanya terdiri atas suami, istri (suami atau istri) dan anak; keluarga inti.
            Hansen dalam bukunya yang berjudul rural local govermen and aricultural devolepmen in java menyebutkan seseorang elite politik yang lebih padu posisi dominan dan perlahan-lahan mulai melepaskan organ utama dari jejaring aliansi sosial yang lebih kompleks. Kelebihan di desa ini adalah lurahnya lebih tanggap pada warganya dan selalu mengusahan paling baik untuk warganya. Jadi terlihat mengayomi sepenuhnya. Karena lurah adalah salah satu faktor penentu baik atau tidaknya suatu desa tersebut.
            Hampir setiap rumah tangga di Tegalroso memiliki lahan sendiri. Dan mereka memiliki pekarangan sendiri. Dan mereka memiliki tanah yang luas. Mereka rata-rata beninfestasi pada tanah karena mereka yakin bahwa tanah di desa itu subur. Bahkan sciler mengungkapkan tongkat yang dibenamkan di pulau jawa akan tumbuh. Itu membuktikan bahwa tanah dijawa subur. Tanah menjadi subur karena aliran sungai yang mengalir membawa vulkanik. Jadi membuat kesuburan tanah akan selalu bertahan sampai sekarang.
            Jumlah seluruh tanah yang dimiliki oleh sepuluh orang dan yang paling luas hanyalah 13,6 ha atau 6,8% . dari seluruh desa Tegalroso. Hal itu sangatlah berbeda yang disediakan oleh colieryang mencatat kesetimpangan distribusi di dua desa.
            Penting untuk dicatat bahwa 275 dari 1793 pendududuk desa (14,9%) hanya memeiliki tanah yang kurang dari 0,1 ha jadi bagaimana mereka mencari makan dengan lahan yang Cuma segitu? Jawabannya akan lebih rinci pada bab 3 dan sedikit tambahan bahwa masyarakat hidup tidak hanya bercocok tanam. Tapi ada yang berbisnis sendiri ada yang bekerja pada negara, dll. Dan mereka tetap bisa hidup subur dan makmur dengan lahan seadanaya.

0 komentar:

Posting Komentar